Pages

Kamis, 18 April 2013

Pesan Kamar Hotel, caranya?

Saya dan istri sering pergi ke luar kota, boleh dibilang sebagai hobby walaupun harus menguras isi tabungan, menggesek kartu sesuatu. Tidak jarang (sering) saya dan istri saat bepergian ke luar kota menginap di hotel. Berbagai cara telah saya lakukan untuk memesan kamar hotel yang akan kami tempati, maka izinkan saya (halah) untuk sedikit share mengenai pengalaman memesan kamar hotel (yang pernah saya lakukan):


1. Langsung ke Pihak Hotel
    Cara ini pernah saya gunakan saat Februari 2012, dimana Hotel Santika Pandegiling mengadakan promo pesan langsung via website Santika. Harganya lebih murah daripada agen sekelas KAHA maupun website online penyedia jasa sewa hotel ketika itu. Kemudian bisa juga melalui telpon maupun datang langsung ke hotel untuk memesan kamar. Dengan cara ini kita bisa langsung mendapatkan konfirmasi dari pihak hotel mengenai ketersediaan kamar dan request yang kita minta, misalkan kita ingin kamar yang paling pojok biar serem, hehehhe. biasanya dengan cara ini harga hotel lebih mahal, namun terkadang harga bisa lebih murah tergantung promo dari hotel.

Hotel Sidodadi Kota Cirebon merupakan salah satu hotel yang saya pesan langsung via hotel


2. Melalui Agen 
    KAHA merupakan salah satu agen penyedia jasa sewa kamar hotel, kita dapat melihat daftar kontrak harga antara KAHA dengan hotel yang menjalin kesepakatan dengan KAHA. Harga yang ditawarkan oleh KAHA relatif kompetitif dan lebih murah. Kita bisa datang langsung ke KAHA maupun pesan via telpon. Cara melalui KAHA ini kalo boleh dibilang ribet-ribet gampang, hehehe. Alurnya adalah kita pesan hotel mana yang akan kita tempati, kemudian pihak KAHA menghubungi hotel untuk reservasi melalui Telepon, kemudian pihak Hotel memberikan konfirmasi ketersediaan kamar dan pihak KAHA akan memberikan konfirmasi kamar kepada kita. Jika deal kita bayar, kemudian pihak KAHA akan konfirmasi kembali ke pihak Hotel mengenai status pemesanan menjadi confirm. KAHA akan memberikan voucher berupa rincian pemesanan. Oh iya kita bisa request juga mengenai permintaan lain-lain melalui KAHA.

hotel savanah Kota Malang merupakan salah satu hotel yang saya pesan via KAHA


3. Melalui Website Penyedia Jasa Layanan Reservasi
    AgodaSeribu Satu Malam, dan Asia Rooms merupakan tiga website yang pernah saya gunakan untuk reservasi hotel. Agoda dan Asia Rooms adalah perusahaan internasional yang melayani pelayanan reservasi hotel secara online. Tata cara reservasi dari kedua website ini relatif sama hanya terdapat perbedaan pada cara pembayaran. Kita dapat memilih hotel mana, tanggal berapa, jumlah kamar, dll pada kedua website ini. setelah kita memilih kemudian proses terakhir adalah pembayaran, nah di sini perbedaannya. Kalo di agoda kita bayar menggunakan Kartu kredit maka akan langsung terdebet, namun di Asia rooms tidak tedebet langsung melainkan sebagai jaminan, sehingga apabila pada hari h reservasi tidak terjadi pembayaran maka Pihak Asia Rooms atau Pihak penyedia kartu kredit akan mendebet kartu kredit kita (bingung njelasinnya, hehehe) yang saya suka dari agoda adalah banyaknya ulasan dan gambar dari hotel, dari segi harga keduanya relatif sama. Untuk Seribu satu malam menurut saya website ini semi online, proses pemesanan sama dengan Agoda dan Asia rooms namun untuk pembayaran masih ada menggunakan metode transfer. Ada menu untuk pembayaran direct debit seperti agoda dan asia rooms namun terkena charge 3% (capedeh)!! Harga yang ditawarkan lumayan lah lebih murah sedikit dari Agoda atau Asia Rooms, terkadang lebih murah dari KAHA juga. Untuk request kamar kita bisa menuliskan pada kolom request (biasanya si ga dipenuhi, hehehehe)

Fave Hotel Seminyak merupakan salah satu hotel yang saya reservasi lewat Asia Rooms

Yah segini deh sekelumit tulisan ga jelas, yang jelas kita sebagai customer pilihlah harga termurah bagaimana pun caranya. Karena reservasi hotel apa yang kita dapatkan adalah Sama yang berbeda hanya harga dari cara yang kita pilih.


11 komentar:

  1. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dong, biarpun tidak harus "bahasa buku". Buat apa sih sok latah seperti kebanyakan orang Indonesia zaman sekarang, sok pakai bahasa Inggris cuma sepotong2, itupun dengan struktur yang salah dan u?kata2 yang masih ada padanannya dalam bahasa Indonesia. Siapa sih yang mulai begitu? SBY atau Vicky? Contoh: kenapa harus "customer", ada kok dalam bahasa kita "konsumen", atau sesuai konteks cerita "pemesan (kamar hotel)", "pengguna" dll.
    Terima kasih u/infonya.

    BalasHapus
  2. terima kasih ken atas kunjungan dan komennya :)

    BalasHapus
  3. nice info gan...

    BalasHapus
  4. biasanya kalo check in gitu perlu KTP nggak sih bro? nice info btw

    BalasHapus
  5. selama saya menginap pasti ditanya KTP bro.. :)

    BalasHapus
  6. Cara pemesana melalui Kaha, bagaiamana?

    BalasHapus
  7. fajar sumarkhi31 Juli 2014 13.16

    mas , klo langsung hari h , biasanya check in dibutuhkan apa saja? ktp saja?

    BalasHapus
  8. Untuk pesan Ticket pulang pergi apa bisa Bos?
    penginapan di bali

    BalasHapus
  9. langsung ke hotel nya aja gan jangan agen , biasanya agen mbati nya banyak

    BalasHapus